KIPRAH ANAK BANGSA DI TEPIAN LAUT MEDITERANIA

KIPRAH ANAK BANGSA DI TEPIAN LAUT MEDITERANIA

Total Tayangan Halaman

Home

Minggu, 01 Mei 2011

Drain System Application In EAST-WEST MOTORWAY ALGERIA

Kalau kita mendengar istilah Drain System mungkin kita sudah banyak yang mengerti apa arti dari istilah tersebut tapi sebagian teman-teman mungkin belum tahu bagaimana system drainase yang dikerjakan teman-teman kita di Proyek East West Motorway Algerie ini, dalam edisi perdana ini saya akan berbagi cerita tentang type drainase yang kita kerjakan di Proyek ini. Ada beberapa type drainase yang oleh COJAAL dipercayakan kepada Wika untuk membuat dan menginstall dilapangannya diantaranya :

1. Circular Ditch : drain type ini dipasang di center auto road yang membelok fungsinya adalah menyalurkan air hujan dari permukaan aspal ke pipa-pipa cross drain karena terhalang pembatas jalan tengah atau barrier.

2. U-Ditch : kalau dari namanya kita sudah bisa menebak bentuk dari drain yang satu ini yaitu drain yang berbentuk abjad atau huruf U yang berfungsi untuk menyalurkan air hujan dari permukaan aspal ke Cascade, drain ini dipasang disamping badan jalan karena air bisa langsung masuk dan disalurkan ke cascade.
3. Cascade : yang artinya air terjun kita sudah bisa membayangkan drain yang satu ini yaitu drain yang dipasang pada badan jalan atau posisi timbunan dengan posisi miring yang berfungsi untuk menyalurkan air hujan dari aspal ke T-Box, Chute, T-Dicth atau langsung ke permukaan tanah pada posisi timbunan yang rendah
4. Chute : drain jenis ini berfungsi untuk penyalur atau peluncur air yang datang dari atas juga berfungsi sebagai bak kontrol sebelum air di salurkan ke T-Ditch.
5. T-Box : drain jenis ini memang sedikit menyerupai huruf T dan drain ini berfungsi untuk meredam air yang meluncur dari atas dengan ketingian timbunan lebih dari 3m sehingga tidak merusak permukaan tanah jika terjadi hujan dan drain ini dilengkapi dengan pemacah arus.
6. T-Ditch atau trapezoidal ditch adalah saluran yang berbentuk trapezium yang berfungsi untuk menyalurkan air hujan ke daerah-daerah genangan atau sungai-sungai yang ada disekitar auto road juga berfungsi sebagai saluran pembuang atau saluran akhir dari drainase.
7. Ouvrage Hidraulique atau yang lebih sering disebut OH oleh pekerja pekerja Indonesia merupakan drain yang berfungsi untuk menyalurkan air dari T-Ditch atau menyalurkan arus air yang memotong badan jalan baik berupa pipa atau persegi.
Selain jenis drain yang diatas masih ada 2 jenis drain lagi yang dikerjakan oleh teman-teman kita di Alger yaitu jenis drain V-Ditch dan Berm Dicth :

1. V-Ditch adalah jenis drain yang berbentuk huruf V yang di pasang pada daerah-daerah galian atau di bahu jalan yang berfungsi untuk menyalurkan air dari slope galian juga dari badan jalan dan dibuang ke T-Ditch
2. Berm Ditch: bentuk drain ini sama dengan V-Ditch tapi ukurannya lebih kecil karena fungsinya hanya menyalurkan air dari satu trap atau satu slope saja karena posisinya di berm-berm galian sehingga pada pelaksanaanya sangat susah dan memerlukan alat berat selama proses pengecorannya.
Demikian sekilas informasi mengenai Drain System yang dikerjakan oleh WIKA di Proyek EWMP Algeria ini, Insya Allah di edisi mendatang akan saya paparkan lebih mendetail untuk penjelasan Drain System tersebut, terima kasih perhatiannya.
(IDIL/SPV)

1 komentar: