KIPRAH ANAK BANGSA DI TEPIAN LAUT MEDITERANIA

KIPRAH ANAK BANGSA DI TEPIAN LAUT MEDITERANIA

Total Tayangan Halaman

Home

Sabtu, 21 Mei 2011

Earth Work Revolution


Earth work merupakan istilah yang tidak asing dalam dunia Konstruksi atau pekerjaan sipil terutama pekerjaan jalan dan Irigasi, bahkan earth work juga akan kita jumpai dalam setiap  pekerjaan minor seperti gedung, jembatan dan lain-lain.  Earth work bukan sesuatu hal yang menarik untuk kita posting dalam blog wika ini, tapi jika earth work kita kombinasikan dengan GPS mungkin kita akan sedikit tertarik bahkan bertanya…. apa hubungannya earth work dengan GPS ? dalam edisi kali ini saya akan mencoba menulis dalam blok wika tentang Earth Work Revolution.   

Ok gan kita mulai dari …What is “ GNSS “..? Global Navigation Satellite System adalah sistem satelit yang digunakan untuk menentukan posisi (dan kecepatan) objek dipermukaan (atau dekat permukaan) bumi dengan berbasiskan satelit navigasi sebagai titik-titik kontrolnya dan dengan cakupan global. Sistem satelit ini memancarkan gelombang radio pada frequensi tertentu sehingga diterima oleh receiver. Sinyal yang datang di receiver ini kemudian diolah sehingga memberikan informasi tentang posisi receiver itu sendiri.  Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika Serikat ,  GLONASS milik Russia serta Galileo (European Constellation)
.
Next…How Does GPS Work…? Zaman dulu ketika orang ingin melakukan sebuah pengukuran sebidang tanah orang akan membikin titik-titik kontrol pada benda-benda yang tidak bergerak seperti pohon, rumah atau batu-batuan sehingga jika sewaktu-waktu akan di cari lagi batas-batas tanah tersebut  maka akan mudah terlacak, demikian juga kalau mau melakukan pekerjaan galian, kita tinggal mengukur dari benda-benda yang kita ambil sebagai titik kontrol misal dari benda A berjarak 3m dari benda B berjarak 5m dan dari benda C berjarak 4m maka akan mudah kita mencarinya dilokasi pekerjaan.   

Demikian pula halnya dengan cara kerja GPS hampir sama dengan pemikiran orang-orang terdahulu tapi dengan sistem global  yaitu sistem titik kontrol dengan menggunakan satelit. Dengan perhitungan matematik yang telah di programkan pada satelit  GPS dan juga rover, kita mendapatkan informasi dalam koordinat 3 dimensi x, y, dan z. Semakin banyak satelit yang memberikan sinyal maka semakin akurat data yang diterima.
Next…. “ User Segment “ untuk pekerjaan sipil GPS tentunya bisa dimamfaatkan para surveyor untuk menentukan titik-titik kontrol dilapangan seperti Banch Mark yang nantinya dipakai sebagai Base Station juga stake out untuk batas-batas pekerjaan yang digunakan selama  pekerjaan berlangsung, selain surveyor GPS juga bisa dipasang pada alat berat seperti Bulldozer, Grader, Excavator, Scraper, Compact dan lain-lain. Untuk pekerjaan sipil yang menuntut ketelitian elevasi ± 1cm - 2cm maka GPS harus dilengkapi dengan mmGPS.

What is mmGPS…..?  Millimeter GPS adalah sebuah perangkat yang dipasang untuk meningkatkan ke akurasian elevasi jika kita menggunakan GPS, alat ini berupa sebuah peralatan pemancar sinar laser atau LazerZone transmitter dengan cakupan area bisa mencapai 250 - 500 m setiap satu pemancar mmGPS.                                                                                              Why “ More “ is Better…? Percepatan dalam setiap pekerjaan tentunya akan berdampak positif terhadap cost atau biaya, dan dengan menggunakan teknologi GPS akan memenimalis data karena data yang digunakan selama Konstruksi berupa data soft copy bukan hard copy.  Mempermudah alat berat dalam bekerja karena operator bisa mengkontrol pekerjaan meskipun tidak ada surveyor, karena GPS selalu beroperasi  selama 24 jam tentunya membantu operator bekerja walaupun dimalam hari. Dengan memanfaatkan teknologi GPS kita mendapatkan efisiensi pada faktor biaya, mutu, dan waktu. Ok gan sampai disini dulu ya sekilas info dari kami …. klo shohib-shohib  diproyek lain membutuhkan data-data mengenai petunjuk praktis penggunaan alat berat dengan teknologi GPS bisa menghubungi team proyek Algeir atau Wika DLN ….Merci …sorry bukan Iklan !!!
(IDIL/SPV)
Perangkat Mini GPS




1 komentar: