KIPRAH ANAK BANGSA DI TEPIAN LAUT MEDITERANIA

KIPRAH ANAK BANGSA DI TEPIAN LAUT MEDITERANIA

Total Tayangan Halaman

Home

Rabu, 18 Mei 2011

HEALTH SECTION EWMP ALGERIA

Allhamdulillah kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang mana dalam menjalankan pekerjaan di health section selalu dalam lindungan Allah SWT.
Karena perbedaan bahasa, budaya, makanan dan iklim antara Indonesia dan Aljazair maka untuk proyek Aljazair, Wika membuat terobosan khusus dengan mendatangkan dokter beserta asisten dari Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan komunikasi ( pencegahan maupun pengobatan ) tentang kesehatan terutama untuk karyawan dan pekerja Wika yang berada di Aljazair. Health section sendiri berada dalam naungan divisi SHE. Tugas dan peran Health section di EWMP Aljazair adalah sebagai kontak pertama pasien dengan dokternya untuk menyelesaikan semua masalah kesehatan yang dihadapi dan mendiagnosa penyakit secara cepat dan akurat  baik hanya sebatas konsultasi maupun memberikan obat ( kuratif ) serta melakukan terapi atau merawat pasien sampai sembuh (rehabilitasi pasien), memberikan pelayanan aktif kepada pasien pada saat sehat maupun sakit ( melakukan pemeriksaan secara berkala / Medical Check Up ), melakukan tindakan tahap awal kasus berat sebelum di kirim ke RS, bertanggung-jawab atas pasien yang dirujukan ke Dokter Spesialis atau  RS dan memantau pasien yang telah dirujuk atau di konsultasikan, melakukan Pertolongan pertama pada kecelakaan serta melatih tim ( karyawan dan pekerja ) untuk tanggap tentang P3K, melakukan kegiatan promotif yaitu memberikan ceramah tentang kesehatan dan gizi sebagai bentuk pencegahan sakit.  
Panas & dingin nya Aljazair sungguh luar biasa,sehingga banyak sekali para pekerja mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan cuaca yang sangat ekstrim dimana dingin bisa mencapai -5 derajat dan panas hingga 50 derajat oleh karena itu masalah - masalah yang sering di hadapi tim kesehatan adalah gangguan saluran pernafasan atau yang dikenal sebagai ISPA.
Beberapa kasus yang pernah terjadi adalah :

Kecelakaan kerja
1. Luka ringan ( lecet/memar )
Kasus kunjungan pasien klinik
1. ISPA
2. Epitaksis ( Mimisan )
3. Urtikaria ( gatal gatal )
4. Dermatitis
5. Rheumatoid arthritis
6. Dehidrasi
7. dll..

Tidak semua penyakit dapat di atasi di Health Section oleh karena itu untuk penyakit - penyakit berat, Wika bekerja sama dengan RS setempat terdekat yaitu :
1. RS Umum El Eulma
2. RS International Chelghoum El Laid
3. Dokter Spesialis Mata Chelghoum El Laid
4. Dokter Spesialis Orthopedy Chelghoum El Laid
5. Dokter Spesialis Gigi Tadjenanet
6. Lab Dokter Latri Setif
7. Klinik Rontgen Rhumel Chelghoum El Laid

Sekilas aktivitas health section selama menjalankan tugas di project Algeria.
Semoga info ini bermanfaat bagi perusahaan - perusahaan  dan rekan - rekan seprofesi yang akan bekerja di luar negri. Terimakasih
(ALI/SHE)
Pemeriksaan Mata
Pemeriksaan gigi

KLINIK RONTGEN RHUMEL CHELGHOUM EL LAID
KLINIK INTERNATIONAL CHELGHOUM EL LAID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar